Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights adalah salah satu tools dari Google yang berguna dalam pengoptimalan performa website Anda.

Untuk apa PageSpeed Insights?

PageSpeed Insights berguna memberikan laporan performa dari website/ url website pada perangkat mobile dan desktop serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan performa website Anda. .

PageSpeed Insights mengukur performa website dengan menggunakan indikator performa dalam bentuk nilai score, yaitu berkisar dari 0-100. Dimana 90-100 kategori cepat atau performa baik, 50-89 kategori rata-rata dan 0-49 kategori lambat atau performa buruk. Rekomendasi yang diberikan oleh PageSpeed Insights untuk meningkatkan performa bergantung pada skor yang Anda dapatkan.

Bisa Anda coba dengan berkunjung langsung ke link PageSpeed Insights :

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

google page speed

Pentingnya Kecepatan Website

Kecepatan website sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung dan tentunya pendapatan Anda bila website itu digunakan untuk berbisnis.

Selain isi tulisan website dan desain web yang bagus, kecepatan dapat membuat pengunjung website Anda bertahan lama, semakin cepat semakin baik pengunjung melihat website Anda. Bila kecepatan lambat biasanya mereka malas untuk melanjutkan melihat isi website ataupun berkunjung kembali dikemudian waktu.

Kecepatan website memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi performa website dan juga bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi search engine ranking.

Berapa skor PageSpeed yang sebaiknya dicapai? 3 detik adalah waktu yang diharapkan oleh rata-rata users untuk mengakses sebuah website. Lebih dari 5 detik adalah waktu yang dianggap tidak ideal. Skor di atas 90 (fast) menunjukkan bahwa performa website Anda baik.

PageSpeed Insights melaporkan performa website Anda ang diambil dari Chrome UX Report. Sumber data tersebut dikumpulkan dari pengguna Chrome di seluruh dunia ketika mereka tengah melakukan pencarian dan eksplorasi. PageSpeed Insights menampilkan real-traffic performance data yang dikumpulkan oleh Chrome. Performance metrics pada Chrome UX Report memiliki 3 parameter. Ke-3 parameter tersebut adalah country, device type (desktop, mobile, dll), dan koneksi internet (kecepatan).

Dengan performa metrics, Anda dapat melihat performa website Anda pada masing-masing parameter. Anda dapat melihat dan menganalisis performa website Anda beradasarkan ke-3 parameter tersebut. Jika terdapat masalah atau kekurangan pada salah satu parameter tersebut, maka Anda dapat melakukan pengoptimalan atau perbaikan sesuai dengan preferensi dari PageSpeed Insights.

Google Speed Update

Berada pada halaman pertama pencarian google bahkan di nomor 1 nya merupakan keinginan dari para pemilik website.  Banyak hal yang mempengaruhi ranking search engine Anda, dari mulai kualitas isi website, desain, juga website speed dan hal lainnya. Kecepatan web berpengaruh dalam penentuan ranking search engine.

Google mengeluarkan kebijakan baru bernama Google Speed Update pada Juli 2018. Kebijakan tersebut membuat Google merubah atau memperbaharui algoritma search engine ranking dengan mencantumkan mobile website speed sebagai salah satu indikator penilaian. Google Speed Update tidak berpengaruh banyak bagi website desktop.

Tips Meningkatkan Kecepatan Website

Memilih Web Host yang Cepat
Anda dapat memilih web host yang memberikan layanan premium dengan kecepatan yang tinggi. Selain mempengaruhi kecepatan, web host yang bagus juga akan memengaruhi performa website secara keseluruhan. Jika Anda berniat mengoperasikan website dalam waktu yang lama, jangan ragu untuk berinvestasi dengan memilih layanan web host yang paling memuaskan diantara layanan web host yang tersedia.

Gunakan Caching Plugin yang Bagus
Catching plugin terbukti dapat meningkatkan page load time. Catching plugin paling populer yang Anda bisa coba adalah W3 Total Cache. W3 mudah diinstal dan digunakan. W3 tidak hanya menawarkan fitur Catching saja, terdapat fitur lain yang juga bermanfaat, diantaranya Minify dan Gzip. Ke-2 fitur tersebut dapat membantu Anda meningkatkan speed. Berikut adalah penjelasan ringkasnya.

  • Anda bisa melakukan minify dan combine CSS dan Javascript. W3 dapat melakukannya. Meskipun begitu dianjurkan untuk menginstal plugin tambahan, yaitu Minit. Gabungan keduanya akan memberikan dampak pada peningkatan speed.
  • W3 dapat mengaktifkan opsi Gzip. Anda bisa melakukan compress menggunakan Gzip ataupun plugin compress lain, diantaranya Gzip Ninja Speed Compression. Compressing akan membuat ukuran file menjadi lebih kecil. Akibatnya website menjadi lebih ringan.

Memilih Themes yang Ringan dan Cepat
Kualitas desain yang terlihat dalam pemilihan tema yang mencerminkan visi estetis Anda memang sangat dianjurkan. Terlebih, jika tema tersebut mampu membuat para pengunjung betah berlama-lama berada di website Anda. Namun perlu diingat bahwa tema yang Anda pilih tidak boleh membebani website Anda. Pemilihan themes yang ringan dapat mempercepat performa.

Lakukan Pengoptimalan Image, Homepage, dan WordPress Database
Selain mengoptimalkan Page Speed web, pengoptimalan image, homepage, dan WordPress database dapat meningkatkan performa website. Pengoptimalan dilakukan untuk membuat operasi dari ketiga objek tersebut menjadi lebih efektif dan tidak membebani website secara umum. Berikut adalah penjelasan dari pengoptimalan ke-3 objek tersebut.

  • Anda bisa menginstal dan menggunakan beberapa image optimization plugin, diantaranya Imagify dan A3 Lazy Load. Imagify dapat membuat ukuran dari gambar menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar. Lazy Load membuat gambar yang ditampilkan hanya gambar yang berada pada pandangan mata user. Kedua upaya tersebut terbukti mengoptimalkan image pada website.
  • Anda dapat meminimalisir jumlah widget di homepage. Beberapa upaya lain yang terbukti meningkatkan speed adalah menghapus plugin yang tidak dibutuhkan dan hanya mempublikasikan rangkuman atau teaser dari konten utama blog Anda. Hasilnya, homepage Anda menjadi lebih cepat, ringan, dan nyaman untuk dikunjungi dan dijelajahi.
  • Anda dapat mengoptimalkan WordPress database dengan menginstal dan menggunakan beberapa plugin, diantaranya WP-Optimize dan WP-DB Manager. WP-Optimize dapat “membersihkan” database Anda dari data yang tidak diperlukan dan beragam sampah history lainnya. WP-Optimize dapat me-restore membuat back-up dan melakukan beragam manajemen database lainnya.

Fokus Pada Mobile Users

Saat ini pengguna internet yang mengkases melalui perangkat mobile semakin hari semakin meningkat. Fakta tersebut harus mengubah pandangan Anda mengenai bagaimana membuat website Anda mendapatkan ranking search engine top di mobile device. Jadi segeralah memperbaiki kecepatan website terutama pada perangkat mobile.

sumber : digitalpreneur.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *